RSS

Cara pasang LNB dengan dua Receiver untuk dua Satelite

04 Feb
Cara pasang LNB dengan dua Receiver untuk dua Satelite
Langsung saja… pertama anda tentu harus meyiapkan alatnya dulu… kalau anda sudah punya Lnb twin dan Lnb 1 sekarang lnb tersebut anda buang saja lah hehehehe…. bercandaaa… Okkey,,,,, ANDA BELI DUA BUAH LNB DUAL OUTPUT DAN DUA BUAH DISEQ 2X1 (inputnya dua outputnya satu). LANGKAH KERJA : Pasang kedua Lnb tersebut di dua lobang penampang Lnb pada antena (parabola), atau jika anda sudah punya /terpasang Lnb Twin maka ganti langsung dengan yang baru tapi jangan merubah posisi pointing antena , jadi hanya menurunkan antena dengan tongkat yang ada kemudian nanti bisa di kembalikan lagi seperti semula, sehingga posisi antena tetap fokus seperti semula (biar gak cape pointing lagi). Kedua Lnb dual output ini sama, sehingga anda bebas mau di tukar/di tempatkan ke palapa atau telkom. Kemudian anda ambil satu diseq (selanjutnya saya sebut diseq A) yang sudah disiapkan dan pasangkan output diseq A tersebut ke input Receiver (selanjutnya saya sebut receiver 1 ) , Kemudian input 1 pada diseq A (biasanya pada diseq ada tulisan LNB 1 in atau LNB A in) tersebut anda hubungkan ke salah satu lobang output LNB untuk satelit palapa (selanjutnya saya sebut LNB A). Input 2 nya anda hubungkan ke salah satu lobang output LNB untuk satelit telkom (selanjutnya saya sebut LNB B). Diseq yang satunya lagi (selanjutnya saya sebut diseq B) anda hubungkan output diseq tersebut ke input receiver yang kedua (selanjutnya disebut Receiver 2). Input 1 dari diseq B anda hubungkan dengan lobang output LNB A (palapa) dan input 2 diseq B anda hubungkan dengan lobang output dari LNB B (telkom). Nah semua sudah terhubung, tinggal edit satelit di masing-masing receivernya. Cara editnya sama untuk receiver 1 dan 2 yaitu anda pilih menu edit satelite atau atur parameter antena pada receiver pilih satelit yang mau di ubah setingan antenanya, disini berarti kita akan seting palapa dan telkom. Anda pilih palapa dulu, untuk palapa : yang harus di seting oleh anda adalah 22k tone harus dalam posisi off/mati, kemudian pilih diseq switch LNB 1 kemudian simpan(save) setelan. Pindah ke edit satelite Telkom : posisi 22k tone harus off. Kemudian pilih diseq switch pada LNB 2 dan simpan seting.
Sekarang anda tinggal angkat lagi antena ke atas tempatkan di posisi semula(bagi yang sudah terpasanga antenanya. Jika anda memulai dari awal (pemasangan awal) sebaiknya anda lihat tulisan ini dulu.
Langkah selanjutnya adalah anda bisa menghidupkan receiver dan televisinya kemudian lihat intensitas signalnya, jika intensitasnya 0% maka ada kesalahan dalam pemasangan. Jika intensitanya ada, maka tinggal anda lihat kualitasnya sambil sedikit mengeser antena sampai ketemu titik fokusnya, itu ditandai dengan kualitas yang besar misal 80%. Sebagai gambaran untuk ukuran antena 6 feet kaleng, kualitas RCTI sekita 50% MNC sekitar 80% metro sekitar 45%. jika kurang dari itu berarti belum fokus atau mungkin juga ada penurunan signal dari satelit.
Catatan : Jangan menggunakan splitter atu alat untuk mengubah LNB output satu jadi dua
output . karena hasinya tidak akan maksimal. Gunakan DISEqC swicth karena
hasilnya lebih maksimal dari pada 22k switch. Jika tidak ada diseq 2×1 bisa dengan
diseq 4×1
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Februari 2011 in PARABOLA

 

Tag: , , , , , , ,

One response to “Cara pasang LNB dengan dua Receiver untuk dua Satelite

  1. yono

    28 Juli 2012 at 10:24

    kang,bisa gak lnb 2 lnb di pararel dengan 3 reciver menggunakan multisuwite.?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: