RSS

Kode Menu Service Mode TV

20 Jan

MENU SERVICE CODE
adalah kode untuk masuk kedalam kondisi “SERVICE MODE”.dalam istilah reparasi pesawat televisi..
ada beberapa cara,diantaranya dengan menggunakan kode-kode angka atau hurup atau juga kombinasi dari keduanya..cara lain adalah dengan menggunakan trik hardware dengan cara men-short/jumper sesaat pada titik / atau switch yg di sediakan ( sharp,panasonic,thomson,phillips dll).
Menu servis dari beberapa merek televisi yg umum beredar diindonesia..tentunya pesawat tv keluaran mulai tahun 2000/01 hingga sekarang,karena umumnya pabrikan hanya memodifikasi fiturnya saja

TOSHIBA : TEKAN MUTE DI REMOTE SEKALI,KEMUDIAN TEKAN LAGI DAN TAHAN MUTE + MENU DI TV .ULANGI UNTUK PROSES BERIKUTNYA
TEKAN MENU DIREMOTE-TEKAN ANGKA 4,7,2,5
TEKAN VOL(-) DI TV -TEKAN DAN TAHAN ANGKA 9

SANYO : MENU DI REMOTE + VOLUME UP TV

LG FLATRON: TEKAN OK DIREMOTE + OK DI TV atau MENU REMOTE + MENU DI TV

TCL : TEKAN DISPLAY (OSD) DIREMOTE + VOLUME DOWN DI TV ,tahan 3 detik

PHILLIPS : POSISI TV STNDBY,TEKAN 0,6,2,5,9,MENU

POLYTRON : POSISI TV STNDBY, TEKAN DAN TAHAN MENU DI REMOTE HINGGA TV MENYALA MASUKAN KODE ANGKA 1013.

PANASONIC : SHORT (KONEK SESAAT) PIN ‘FA-1′ KE ‘FA-2′ ATAU TP-8 KE GROUND
PANASONIC TX SERIES :TEKAN VOL(-) DI TV + OSD
SHARP : SHORT KAKI (PIN)6 DAN PIN 7 SESAAT PADA IC MCU (TDA 98XXX).UNTUK KELUAR SHORTKAN KEMBALI

SHARP EXPRESSION : HUBUNGKAN ATAU JEPIT DUA KAWAT /JUMPER J800 ( ADA DISEBELAH TUNER ) YG PCB- TELAH DISEDIAKAN LUBANG DAN DUA JUMPER SEJAJAR.

CRYSTAL : POSISI TV STNDBY,TEKAN VOLUME UP + VOLIME DOWN PADA TV BERSAMAAN DAN TAHAN HINGA TV ON
.AKARI: TEKAN SLEEP DI REMOTE + MENU TV
SAMSUNG : POSISI STANDBY TEKAN DI REMOTE : MENU – PSTD – MUTE – POWER ON
SAMSUNG PLANO :POSISI STANDBY, TEKAN DI REMOTE : DISPLAY-MENU-MUTE-POWER ON
SAMSUNG PLANO DIGITAL HD100: STANDBY-DISPLAY-MENU-MUTE-POWER
ATAU : STANDBY-MUTE-1-8-2-POWER ON.
AKIRA,FUJITEC,BOOMBA:
DAN BEBERAPA MEREK CHINA YANG LAINNYA YG MENGGUNAKAN IC PROGRAM TYPE LC8632XX SERIES : TEKAN MENU DI REMOTE DUAKALI – RECALL (Q.VIEW) – MUTE.

TV CHINA LAINNYA ( KCL,MITOCHIBA,BAZZOMBA) TEKAN VOLUME DI TV HINGGA NOL.TEKAN RECCAL DI REMOTE SEKALI, TEKAN DAN TAHAN VOLUME ( – ) DI TV BERSAMAAN DENGAN TEKAN KEMBALI RECALL DI REMOTE..ulang proses tersebut untuk masuk ke sub menu selanjutnya sampai ke posisi keluar menu servis.
AIWA : TOMBOL MENU SERVISNYA ADA DI DALAM REMOTE DI ATAS TOMBOL VOLUME (+),BONGKAR DAHULU.

JVC : TEKAN DAN TAHAN BERSAMAAN OSD+MUTE
ATAU TEKAN DAN TAHAN OSD+PICTURE

HITACHI: TEKAN DAN TAHAN TOMBOL AVDI TV, HIDUPKAN POWER SWITCH TV

SONY : STANDBY- OSD – 5 – VOL(-) – POWER ON

RCA/THOMSON : TEKAN DAN TAHAN TOMBOL VT DI TV + POWER SWITCH ON TV

Beberapa merek TV CHINA juga ada yang tombol menu servisnya di dalam remote orsinilnya


TV CHANGHONG SERVICE MODE
Salah satu kode menu servis untuk TV changhong adalah sebagai berikut:
kecilkan volume tv ke minmum atau nol.Tekan tombol MUTE pada remote dan tahan, tekan MENU pada tv. akan timbul logo setting ( S ) .

Biasakan sebelum merubah settingan parameter,catat dahulu semua data-data aslinya sebelum anda rubah,untuk mencegah kesalahan pengaturan parameter.

Jika TV terkunci pada kondisi CHILD LOCK, tekan menu sampai masuk ke posisi SYSTEM,lalu tekan tombol help atau ( ? ) sampai masuk ke posisi PARENTAL GUIDE.masukan kode : 6688 melalui remote,rubah atau matikan setelan PARENTAL GUIDE ke posisi OFF.
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Januari 2011 in SERVICE TV

 

5 responses to “Kode Menu Service Mode TV

  1. riky

    19 Februari 2011 at 20:49

    gan,,TV ane sharp expression gak bisa masuk menu.
    kira-kira apanye yg rusak ye..mohon bantuannya…thx

     
  2. Aang Rape'i

    19 Februari 2011 at 23:52

    Sebelumnya makasih udah mampir bro,,, maaf baru di bales, maksudnya menu tv-nya atau menu kode servicenya ? kalau menu tv nya coba test remotenya,, atau tombol menu di remote dan di panel tv udah kotor harus diganti, kalau menu servicenya gak bisa di buka coba ganti ic memorinya dengan yang baru/kosong

     
  3. Muhammad Kholid

    29 Januari 2012 at 15:11

    Kang Aang..,untuk servis mode tv changhong 14″ langkah awal sdh bisa kmudian dlm kondisi child lock, sdh dicoba tekan menu ttp tdk bisa masuk ke system adakah cara lain… Tolong info tips n triknya trim’s

     
  4. Kang Aang

    5 Februari 2012 at 15:44

    coba tombol yang lain seperti pic atau disp

     
    • irpan

      23 November 2012 at 08:02

      kang remote buat buka servis kode ada yang universal ga?kalau buat tv pujitec bisa pake remote yang ga asli maksudnya yg china bukan bawaan nya? nuhun kang sateacan na

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: